Tuesday, February 14, 2012

penantian warga sukabumi akan terwujud PUSBANG DAI



REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Penantian warga Kabupaten Sukabumi untuk memiliki pusat kegiatan Islam akhirnya bisa segera terwujud. Pada 2012 ini, Sukabumi akan membangun Pusat Pengembangan Dakwah Islamiah (Pusbangdai) dan Asrama Haji di eks perkebunan Cikembang.

Kawasan tersebut nantinya didesain sebagai pusat kegiatan Islam dan daerah tumbuh kembang baru. Lahan pembangunan cukup luas mencapai lima hektare. Statusnya adalah hak pemilikan lahan (HPL) Pemkab Sukabumi.

Sejumlah sarana dan prasarana rencananya akan dibangun di dalam kompleks Pusbangdai. Di antaranya adalah masjid, aula pertemuan, perpustakaan Islam, kantor lembaga dan organisasi Islam seperti Ikatan Cendikiawan Muslim Indo
nesia (ICMI), Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), Ikatan Persaudaraa Haji, dan Forum Dai.

Bangunan lainnya yakni ruang pendidikan dan latihan (Diklat), poliklinik, asrama haji, dan area manasik haji. Selain pusat kegiatan Islam, kompleks Pusbangdai juga memiliki kawasan bisnis berupa pertokoan, bank, radio, dan  rest area.‘’Peletakan batu pertama pembangunan Pusbangdai dilakukan April mendatang,’’ ujar Kepala Bagian Bina Keagamaan Pemkab Sukabumi, Ali Iskandar, kepada Republika.
Proses pembangunan dilaksanakan secara bertahap. Bangunan pertama yang dibangun adalah masjid sebagai pusat kehidupan dan kebudayaan Islam. Pembangunan Pusbangdai dan Asrama Haji membutuhkan dana sebesar Rp 80 miliar.

No comments:

Translate